Powered By Blogger

Jumat, 06 Mei 2016

5 Negara Terkaya Di ASEAN

5 Negara Terkaya Di ASEAN

Singapura

negara terkaya di asean
Ketika mendengar Singapura apa yang ada dibenak anda? Kota kosmopolitan, negara maju, kaya, negara denga pariwisata yang memadai, transportasi dan pendidikan yang maju dan tentunya tak ketinggalan menjadi tempat pelarian para koruptor bangsa kita.
Ya, inilah negara dengan sejuta hukum dan keteraturan. Jika anda berkunjung kesana jangan sampai membuang sampah sembarangan jika tidak ingin mengeluarkan isi dompet yang tidak sedikit.
Orang Singapura patutnya berterima kasih kepada Sir Thomas Stamford Raffles, dialah pendiri awal Singapura sekaligus seorang yang pertama kali memiliki pandangan bahwa negeri tersebut akan menjadi pusat perdagangan yang memukau. Alhasil, saat ini Singapur menjadi negara dengan julukan sentral perdagangan asia.
GDP Percapita Singapur berdasarkan data Bank Dunia sebesar US$ 55.182. Artinya setiap penduduknya memiliki penghasilan sekitar Rp 717.366.00 (tujuh ratus jutaan) setiap tahunnya. So, penulis menobatkannya sebagai negara terkaya nomor satu di Asia Tenggara.
Selain perekonomiannya yang maju, pendidikan di negara ini juga dianggap remeh. Kehadiran NUS (National University of Singapore) dan NTU (Nanyang Technological University) telah membuka gerbang pendidikan tingkat tinggi bagi Singapur yang bahkan mampu bersaing dengan kampus kampus Internasional lainnya.

Brunei Darussalam

brunei darussalam
Ternyata meskipun bisa dibilang sebagai negara terkecil di dunia (luas wilayah 5.765 km²), namun Negara yang dipimpin oleh seorang Sultan ini mampu menghasilkan GDP Percapita setiap tahunnya sebesar US$ 38.563 dan bisa anda hitung sendiri besarnya dalam rupiah. ðŸ˜€
Brunei dengan ibukota Bandar Seri Begawan memang menjadi ikon dan simbol kekayaan dikarenakan sumber pendapatnnya yang sebagian besar berasal dari minyak. Selain keberlimpahan dalam ladang minyak dan gas, negara ini juga dikenal dengan ketegasan dalam penerapan hukum Islam, sehingga Brunei disebut-sebut sebagai negara Islam Di kawasan Asia Tenggara.
Dari segi budaya, negara ini terdiri dari sebagian besar etnis melayu dengan pengaruh kuat dari Islam. Islam di Brunei lebih konservatif dibandingkan Malaysia dan Indonesia. Alkohol diharamkan penjualan dan peredarannya, bahkan pada tahun 2011 majalis mufti Brunei mengharamkan rokok.
Brunei juga dikenal dengan Sultannya, yaitu sultan Hasanah Bolkiah yang pernah mendapat julukan sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Konon istana kesultanannya dan pesawat pribadi yang beliau miliki sebagai besar terbuat dan berisikan perabot dari emas. that’s wow :)

Malaysia

malaysia
Ah siapa lagi warga bangsa kita yang tak kenal dengan negeri yang memiliki menara kembar Petronas ini. Persaingannya dengan Indonesia dalam berbagai hal tak jarang menimbulkan ketegangan kecil-kecilan. Namun bagaimanapun Malaysia tetaplah sahabat pertiwi, dan semoga akan terus seperti itu.
Baiklah, siapa sangka negara dengan ibukota Kuala Lumpur ini mampu menempati urutan ke tiga dengan GDP Percapita sebesar US$ 10.538. Tak heran jika negeri ini mampu menjadi sarang empuk para pelajar, pekerja ahli, sampai TKI-TKW dari negeri kita.
Dari segi kependudukan, mayoritas penduduk negeri jiran ini beragama Islam (sekitar 60,6 %). Sehingga menjadikannya sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.
Perkembangan dunia bisnis dan finance islam, negeri ini memang mengungguli Indonesia. Dan kita harus mengakui itu. Sistem perbankan syariah dan asuransinya telah berada jauh diatas Indonesia. Bahkan agenda nya pemerintahan Malaysia akan kembali menghidupkan mata uang dinnar dan dirham, sebagai mata uang warisan Islam yang memang stabil dan tahan banting dari ancaman krisis moneter.
baca ulasan saya tentang asuransi dan riba, agar kader bangsa kita bisa mengejar ketertinggalan dari Malaysia dalam dunia Islamic Finance (Keuangan Islam). ðŸ˜€

Thailand

thailand
Ini dia, negeri yang lagi ngetrend dengan dunia perfilman baik genre horror, romantika, dan bela diri.
Thailand memang memiliki karakteristik historis yang berbeda dengan negara ASEAN lainnya. Bentuk kerajaan dari negara ini memang sangat kental, sehingga kebudayaan dan bahasa yang terus menerus diwariskan tetap bertahan sampai dengan saat ini.
Berdasarkan data Bank Dunia, GDP Negeri atau kerajaan ini sebesar US$ 5.778, sehingga menempatkannya pada urutan ke-empat. Selamat ya Bangkok ðŸ˜€
Populasi Kerajaan Thailand didominasi etnis Thai dan etnis Lao, yang berjumlah 3/4 dari seluruh penduduk. Selain itu juga terdapat komunitas besar etnis Tionghoa yang secara sejarah memegang peranan yang besar dalam bidang ekonomi. Etnis lainnya termasuk etnis Melayu di selatan, Mon, Khmer dan berbagai suku orang bukit.
Sekitar 95% penduduk Kerajaan Thailand adalah pemeluk agama Buddha aliran Theravada, namun ada minoritas kecil pemeluk agama Islam, Kristen dan Hindu. Bahasa Thai merupakan bahasa nasional Kerajaan Thai, yang ditulis menggunakan aksaranya sendiri, tetapi ada banyak juga bahasa daerah lainnya. Bahasa Inggris juga diajarkan secara luas di sekolah.
Ya, saya kira yang bisa saya bagikan all about Thailand. :)


Indonesia

indonesia
Saya sengaja memberikan gambar berupa foto pemandangan alam. Karena begitu banyak yang perlu kita lihat, begitu luas nya kekayaan negeri kita.
Berada diurutan ke-lima tentu saja menjadi kebanggan tersendiri bagi kita sebagai anak yang lahir dari bumi pertiwi ini. Sudahlah, jangan terus terusan menyakiti negeri ini dengan berbagai keluhan dan hinaan.
Negeri kita kaya kok, liat saja GDP Percapitanya sebesar US$ 3.475. Itu artinya negeri ini masih berbaik hati dengan mengasumsikan penduduknya makmur jika berada pada kisaran penghasilan 3,5 juta setiap bulannya.
Bayangkan jika negeri ini GDP Percapitanya menyamai Luksemburg, yang mengasumsikan penduduknya memliki penghasilan 1,5 milyar setiap tahunnya atau setara dengan 125 juta perbulannya. Maka negeri ini akan menjadi negeri pembohong yang menyiksa penduduknya
sumber : https://bursanom.com/negara-terkaya-di-asean/

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com