Powered By Blogger

Senin, 11 Januari 2016

KENANGAN

KENANGAN MASA SD DAN SMP

Tak terasa sudah tahun 2016 saja. Alhamdulillah saya akan mengawali tahun 2016 dengan semangat baru, dan tahun ini adalah tahun terakhir saya di SMP IT IQRA karena saya sudah kelas 9 dan sebentar lagi akan melaksanakan UN. Terhitung mulai Januari 2016 saya tinggal 4 bulan lagi diSmpit. Dan setelah lulus dari smp, saya sebentar lagi akan melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi lagi, yaitu ke SMA, dan alhamdulillah saya sudah diterima disebuah sekolah suasta di Tangerang^_^.

Tapi tulisan ini tidak membahas masalah saya mau melanjutkan SMA kemana. Terlalu panjang, mungkin nanti di tulisan berikutnya aja. Tulisan ini isinya adalah nostalgia dari jaman SD sampai sekarang Smp. Oke, mulai dari SD.


SD NEGERI 04 AIR MAJUNTO
SD Negeri 04 AIR AJUNTO adalah salah satu SD di kota MUKOMUKO. Setau saya, SD Negeri di sini kalah terkenal jika dibanding SD Swasta. Bisa jadi karena fasilitas dan prestasi yang tidak terlalu wah. Di sekolah ini terdapat 12 kelas, kelas 1 dua kelas sampai kelas 6 juga dua kelas. Setiap kelas memiliki wali kelas dan wali kelas inilah yang mengajar semua mata pelajaran. Jadi tidak ada ceritanya mata pelajaran A di ajarkan oleh guru A dan mapel B di ajarkan oleh guru B. Saya begitu menikmati masa kecil saya di sini. Kelas 1 saya lalui dengan menjadi murid biasa. Kelas 2 entah saya makan apa kok bisa jadi rangking 2 di kelas. Eh, pas kelas 3 rangking saya melorot jadi rangking 5. Karena penurunan yang signifikan itu, saya sangat bersemangat di kelas 3. Semenjak kelas 3 sampai kelas 6 Alhamdulillah semangat saya membawa saya selalu menduduki rangking 1,3,2 (sombong dikit gpp lah ya) :P

Prestasi pas SD ada sih tapi ngak terlalau banyak, Cuma rangking di kelas dan ikut lomba beberapa aja. Namanya SD yang tidak terlalu terkenal. Ikut kompetisi ya kadang kadang. Mungkin karena sedikit yang memberi informasi. Meskipun begitu, saya bahagia di SD. Soalnya jadi murid kesayangan dan kebanggaan guru. :P

Hal - hal unik adalah pas kelas 4, karena nilai saya yang telampau jauh dari (yang harusnya) rangking 2, jadi saat itu tidak ada rangking 2 di kelas. Adanya cuma rangking 1. hahaha (ketawa sombong). Selain itu, klo pas pelajaran matematika pasti dapet nilai 10, 9, 8. Sampai pas UN nilai matematika ku 9,2  lo. :P

Pernah juga suatu hari ada guru dari luar daerah. Mungkin semacam exchange gt ya. Namanya juga jaman SD, jadi taunya ada guru lain yang ngajar. Beliau memberikan 10 soal matematika. Begitu beliau selesai menulis soal, 5 menit kemudian saya maju dan nyetorin jawaban. Seperti biasanya, dpt 10 lagi. Hahaha. Dan namanya juga anak SD, klo pas ulangan ngerjainnya cepet-cepetan. Biar keliatan pinter gitu ceritanya klo duluan selesai. :D

Singkat cerita lulus SD, trus masuk SMP.

SMP IT IQRA KOTA BENGKULU
SMP ini adalah SMP suasta terbaik di Provinsi Bengkulu. Kalau mau masuk SMP ini kita harus tes dulu diantaranya tes lisan, tes wawancara dan tes tertulis. Ketika saya tes dismp ini saya sangat gerogi dan takut karena banyak orang pintar yang sekolah disini dan orang yang sekolah diSMPIT bukan hanya dari Kota Bengkulu saja ada yang dari seluma, kerkap, benteng mukomuko dan dari daerah lainya makanya saya gerogi. Tapi saya berfikir kenapa saya harus gerogi kan saya juga termasuk anak yang pintar diSD saya dulu (haha). Akhirnya aku diterima di SMP terfavorit ini. Konon katanya, aku adalah orang pertama dari SD ku yang bisa masuk SMP ini (banyak sih orang yang dari MUKOMUKO daftar diSMP ini tapi yang dari SD saya Cuma saya doang). Wow, bangga dong ya.

Di sinilah aku banyak menemukan hal baru. Klo dulu pas SD, 1 kelas, 1 wali dan yang ngajar sama. Klo di SMP ini, gurunya beda - beda. Trus orangnya juga emang pinter - pinter. Klo dulu pas SD ga usah belajar bisa jadi rangking 1, pas SMP ga belajar bisa remed berkali-kali. Dan itulah yang aku alami pas jaman SMP. Karena terlalu menggampangkan, pas pembagian rapot pertama (setiap dua bulan selalu bagi rapot) aku ada di rangking 21 dari 33 siswa. Udah gt nilai matematika ku cuma 8, remed bhs inggris (padahal pas SD paling jago), dan remed Biologi.

Dari situlah aku merasa sangat terbebani selama SMP. Rangking yang pernah kuraih hanya sebatas 5-15 besar. Tidak pernah menyentuh 3 besar. Bhs inggris yang dulu aku sukai lambat laun mulai tidak aku sukai.  SMP ini memang gudangnya prestasi, tapi tidak dengan pribadiku. Aku hanya mengikuti lomba di bidang bhs indonesia dan robotik, tepatnya cipta puisi dan soccer. Prestasi terbaik pun hanya harapan 5 cipta pisi tingkat kota. Selain itu ada sih prestasi yang tidak sengaja. Juara 1 lomba robotik tingkat internasional di Kuala Lumpur Malaysia, dan alhamdulillah aku juga tergabung sebagai anggota OSIS diSMPIT. Sudah, itu saja yang aku dapat selama SMP.

Hal menariknya adalah di SMP aku memiliki sahabat-sahabat yang masih erat sampai sekarang. Selalu bermain bersama namun kadang juga sering marah-marahan. Mungkin hanya itu kenangan terbaik ku saat SMP.

Ya, inilah pilihanku. Meskipun banyak yang mendukung aku untuk tetap semangat dalam belajar dan rajin beribadah. Tidak sedikit juga yang mengejek saya .
Mungkin ini saatnya aku harus kembali berada di tempat "antah berantah", di tempat aku bebas berekspresi, tidak memiliki beban dan menjalani hidup dengan senang dan ceria. Sama seperti masa SD dan SMP. Masa dimana aku sangat bahagia menjadi diriku sendiri. Saatnya bereaksi terhadap pandangan orang-orang yang memandang sebelah mata tentang pilihanku.. Ini lah saatnya. :)


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com