Powered By Blogger

Minggu, 20 September 2015

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 7

Cara Mempercepat Koneksi Internet Windows 7

Berikut adalah salah satu cara mempercepat koneksi internet, dimana Nagle's algorithm berperan sebagai sarana yang dapat meningkatkan efisiensi jaringan TCP/IP dengan mengurangi jumlah paket yang harus dikirim melalui jaringan internet.

Baca juga Pengaturan Tersembunyi Windows 7 untuk Mempercepat Koneksi internet

Mempercepat Koneksi Internet Windows 7

Ketika install Windows 7, secara default Nagle's algorithm diaktifkan atau enabled, berlaku juga pada windows yang lain. Maksud dari ini untuk mengurangi beban jaringan secara keseluruhan.

Fungsi utamanya menunggu paket data sampai terisi dan kemudian mengirimkannya ke jaringaninternet. Ini merupakan salah satu cara yang efisien jika memiliki quota bandwidth yang terbatas.

Namun, Aplikasi atau program yang mengharapkan respon secara real time dapat bereaksi buruk dengan Nagle algorithm. Jika Nagle algorithm enabled, secara otomatis menunda komputer untuk menanggapi satu paket dengan waktu 200ms.

Cara Mempercepat Koneksi internet

Baca Juga Update dengan Browser Terbaik dan Tercepat untuk Internet.

Aplikasi seperti jaringan chating, downloading, streaming atau gaming berharap bahwa tindakan dapat dikirim segera, sedangkan Nagle algorithm sengaja menunda transmisi, meningkatkan efisiensibandwidth namun mengorbankan latency yaitu waktu jeda (Delay) antara stimulasi dan respon.

Oleh karena itu, secara teknis dengan menonaktifkan Nagle algorithm dapat meningkatkan pengalaman online alias koneksi internet bisa lebih responsive untuk komputer tersebut, karena akan berinteraksi secara real time dan disarankan bagi yang menggunakan komputer yang internetnya terbagi-bagi untuk menggunakan bandwidth manager pada server lokal agar sama rata, jika Nagle algorithm di nonaktifkan.

Kebanyakan pengguna mendapatkan pengalaman lebih baik dengan pengaturan ini dan hampir tidak ada efek samping yang signifikan untuk pengaturan ini. Berikut adalah cara untuk membuat koneksi internet lebih cepat respon.

NIC Interface


Sebuah komputer dapat memiliki beberapa sambungan internet. Untuk setiap koneksi, Windows Registry membuat NIC Interface yang terpisah atau NIC-ID. ID ini ditampilkan dalam bentuk kombinasi samar huruf dan angka, diapit oleh kurung dan merupakan sebuah folder. Untuk mengenali sesuai NIC-ID, perlu mendapatkan alamat IP dari koneksi internet yang aktif.

1. Klik Start (Icon windows paling bawah sebelah kiri), kemudian Ketik 'cmd' (tanpa tanda kutip) di kotak pencarian dan tekan Enter untuk membuka Command Prompt.

2. Ketik 'ipconfig' (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter untuk melihat info tentang sambungan aktif internet.

Cara Mempercepat Koneksi internet, command prompt
3. Cari dan catat alamat IP, ditampilkan di sebelah Alamat IPv4 Address.

Nonaktifkan atau Disable Nagle Algorithm


Nagle Algorithm dapat dinonaktifkan dengan modifikasi registry yang sederhana. Harap diperhatikan untuk memperhatikan alamat IP pada langkah sebelumnya.

1. Klik Start (Icon windows), Ketik 'regedit' (tanpa tanda kutip) di kotak pencarian dan tekan Enter untuk membuka Windows Registry Editor, dan atur kursornya untuk tampilan yang lebih jelas.

2. Perluas untuk pengalokasian dengan menekan tanda panah kecil untuk folder yang dituju sebagai berikut.

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\services\Tcpip\Parameters\Interfaces

Folder Interfaces ini berisi beberapa NIC (folder), tergantung pada jumlah koneksi internet yang digunakan. Untuk menonaktifkan Nagle Algorithm yang benar, perlu mengakses NIC-ID yang benar.

Cara Mempercepat Koneksi internet, Interface
3. Klik setiap folder untuk mencari dan mencocokkan alamat IP pada langkah awal. Temukan nilai string yang bernama 'IPAddress' atau 'DhcpIPAddress' yang sesuai dengan angka IP pada langkah awal.

4. Setelah ditemukan, Klik kanan pada tempat kosong, dan pilih New, kemudian pilih DWORD, lakukan sebanyak 2 kali (maka akan terbuat 2 file baru).

Cara Mempercepat Koneksi internet, DWORD
5. Ubah kedua nama file tersebut (klik kanan rename) menjadi 'TcpAckFrequency' (mengirimkan paket langsung) dan 'TCPNoDelay' (Menonaktifkan Nagle-Algorithm), bisa lihat sesuai gambar.

Cara Mempercepat Koneksi internet, TCP
6. Klik ganda pada kedua file tersebut satu persatu untuk dimodifikasi, masukan 1 sebagai data Nilai untuk mengaktifkan, dan klik OK untuk menyimpan perubahan.

Cara Mempercepat Koneksi internet, Edit
7. Tutup Registry Editor, dan lainnya kemudian Restart Komputer.

Kemudian rasakan perbedaannya untuk streaming, gaming, downloading dan lainnya, mudah-mudahan dapat mempercepat koneksi internet dan lebih responsive. Tetapi mungkin tidak akan terasa bagi mereka yang menggunakan quota bandwidth unlimited dan jaringan yang bagus karena hitungannya dalam milli detik. Jika ada sesuatu perubahan yang kurang berkenan, maka pengaturan dapat dikembalikan ke awal dengan merubah angka pada langkah 6 dari 1 menjadi 0 dan restart komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com